Breaking News

Program Jadul TVRI, Memori Manis Generasi Muda Era 70-90an

Tanggal 24 Agustus menjadi hari yang meriah bagi keluarga Indonesia yang menikmati liburan di rumah, karena dua stasiun televisi swasta, RCTI dan SCTV, menyajikan program spesial merayakan hari ulang tahun mereka.

Di sisi lain, tak banyak orang yang menikmati tayangan TV pada tanggal 24 Agustus kemarin mengingat bahwa pada hari itu stasiun televisi tertua di Indonesia, TVRI (Televisi Republik Indonesia) juga merayakan hari jadi. Pada tahun ini TVRI  memasuki usia ke-62. Hari lahirnya TVRI ini juga dijadikan sebagai hari Pertelevisian Nasional.

TVRI yang dibuat pemerintah Indonesia pada tahun 1962 dalam rangka menyambut helatan ASIAN GAMES di Jakarta, sempat lama menjadi primadona hiburan bagi rakyat Indonesia. Namun seiring dengan menjamurnya TV Swasta di Indonesia pada pada pertengahan era 1990-an, TVRI mulai kehilangan tempat sebagai primadona TV di negeri ini.

Kemarin pagi, seorang pegiat intenert senior yang berdomisili di Bogor bernama Matahari Timoer (MT) membuat status 'menggelitik' dalam akun Facebook miliknya. Matahari Timoer membuat susunan program tayangan TVRI tempo dulu yang difavoritkannya, dan tak lupa menanyakan kepada Facebooker, apa program jadul favorit mereka di TVRI?
Diluardugaan banyak Facebooker yang merespon status MT tentang program jadul TVRI yang favorit. Dari sekitar 50 orang lebih yang merespon, bisa diketahui ternyata banyak sekali program jadul TVRI yang penah hits sebagai tontonan keluarga Indonesia. Dan pastinya program-program jadul di TVRI tersebut bernilai edukasi tinggi, dan menjadi memori manis bagi Generasi era 70-90an.

Saya sendiri mengingat jelas tiga tayangan jadul TVRI favorit yang dulu akrab jadi tontonan keluarga di rumah, yaitu "Dunia Dalam Berita", "Panggung Hiburan Anak-Anak", dan "Berpacu Dalam Melodi". Sekarang saya hampir tak pernah lagi menyaksikan siaran TVRI. Terakhir kalinya saya rutin menonton TVRI  saat mereka menayangkan siaran langsung kompetisi Liga Italia Serie-A pada tahun 2013 lalu.

Berikut ini program jadul TVRI yang jadi favorit Facebooker masa kini, yang saya rangkumkan berdasarkan respon komentator status Matahari Timoer. 
Apa program jadul TVRI favoritmu?

PROGRAM JADUL TVRI TERFAVORIT
Losmen SrikandiKamera RiaDari Desa Ke Desa
Aneka Ria SafariBina VokaliaDari Gelanggang Ke Gelanggang
PondokanPAPIKORia Jenaka
Si UnyilLittle House on The PraireGemar Menggambar bersama Tino Sidin 
Aku Cinta Indonesia (ACI)Jendela Rumah KitaDunia Dalam Berita
Rumah Masa DepanStartrekThe Giant
Panggung Gembira Anak-AnakSiaran NiagaLittle Maisy
Album Minggu KelompencapirFilm Cerita Akhir Pekan
Siti NurbayaSartikaSiaran Pedesaan
LauraZoro SeriesMimbar Penganut Kepercayaan
The Time TunnelLorong WaktuThe A Team
BJ and The BearFull HouseOshin
Perfect StrangersSledge HammerHunter
Jim WestThe Saint Kartun Huma
ChipsKartun Kum KumBerpacu Dalam Melodi
Highway to HeavenTitian MuhibahSelekta Pop
Gita Remaja Remington SteeleSengsara Membawa Nikmat
Return To EdenStarsky and HutchMusik Candra Kirana
Manusia KecilLand of The GiantGebyar Musik
LosmenCepat TepatKeluarga Marlia Hardi
Cerdas CermatKuis Siapa DiaApresiasi Film Indonesia
Mimbar Agama BudhaLucky LukeVideo Musik Indonesia

12 comments:

  1. Replies
    1. mantap juga status FB yang komen :D

      Delete
  2. Website of yours is very nice, and it is also good to read. Anyway a success continue to make you the owner of this blog.
    Obat Pengurang Nafsu Makan

    ReplyDelete
  3. incredible experience after I read your blog, each article can surely bring blessings to all who read it, keep your health suplemen tubuh agar kuat puasa

    ReplyDelete
  4. Really your blog is very interesting.... it contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. It's just amazing.... my blog: Penyebab Batuk Kering Disertai Gatal Tenggorokan

    ReplyDelete
  5. This was a fantastic article. Really your blog is very interesting.... it contains great and unique information.. I always express my gratitude to you for allowing me to comment Obat Radang Sendi Karena Asam Urat

    ReplyDelete
  6. Wauuu....jaman dahulu kalo mau nonton TV hanya bisa mulai jam 4an sore s/d jam 12 malam kecuali hari minggu yang ada tayangan siang hari.....kalo sekarang udah full 24 jam......
    Good artikel.... jadi ingat masa anak-anak..

    ReplyDelete