Breaking News

Ikuti Perkembangan Zaman, Bapak Si Gundul Merantau Bikin Komik Strip Gorila Sport

28 Oktober 2018 jadi hari yang menyedihkan bagiku sebagai pecinta olahraga. Pada tanggal tersebut Tabloid BOLA mengedarkan edisi terakhirnya. Berakhir sudah nama besar 'Tabloid BOLA' yang telah menjadi teman setia penggemar olahraga selama 35 tahun.

Karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terjadi disrupsi pembaca yang lebih menyukai membaca informasi lewat platform digital. Sehingga berbagai koran, tabloid, dan majalah cetak jadi kehilangan banyak pembaca.

Tabloid BOLA punya tempat tersendiri di hatiku. Sedari ku kecil hingga dewasa, BOLA menjadi rujukan untuk mencari informasi olahraga paling aktual. Dulu, aku menyukai berbagai artikel liputan Liga Italia, Formula 1, dan olahraga raket yang ditulis oleh jurnalis BOLA.

Ada satu bagian khusus yang aku sukai dari BOLA, yakni tokoh Si Gundul yang rutin nampang di rubrik 'Sepakbola Ria'. Si Gundul karakter komik strip berpenampilan khas dengan dua helai rambut menjuntai di kepalanya yang gundul. Wajah Si Gundul minimalis berupa sebidang oval dengan dua titik sebagai sepasang mata dan segaris lengkung mulut.

Si Gundul merupakan karakter komik strip yang aura jenakanya begitu kuat. Tokoh ini kerap mengundang tawa pembaca dengan beragam adegan slapstick-nya yang selalu berujung sial. Si Gundul bisa berperan jadi apa saja di lapangan. Dia kadang jadi kiper, striker, pelatih, dan juga wasit.

Dengan berakhirnya masa terbit BOLA, maka berakhir pula masa edar tokoh Si Gundul yang dibuat oleh artis komik strip legendaris Hanung Kuncoro yang akrab disapa pak Nunk.
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Sepekan lalu diriku mendapat undangan diskusi dengan pihak Gorila Sport. Sebelumnya, aku sudah tahu sedikit mengenai Gorila Sport yang aktif lewat akun instagram buat berbagai komik menggelitik mengenai isu-isu hot sport. Akun instagram Gorila Sport juga terkadang membuat video animasi.

Beberapa saat sebelum memasuki ruangan diskusi di Fairmont Hotel Senayan, mataku tertuju kepada rangkaian gambar komik yang dipajang. Salah satu komik seperti tak asing di mataku. Setelah ku lihat lagi secara detil.. ahaaa, terpampang nama legendaris Nunk yang adalah bapak dari 'Si Gundul'.
Hanung Kuncoro Nunk Gorila Sport
tokoh komik baru bernama 'Igor' buatan pak Nunk/ dokumentasi Yos Mo

Saat aku memasuki ruangan, mbak Sheila Rooswitha sedang berdiri di depan memulai jelaskan apa itu Gorila Sport. Dari penjelasannya, ternyata nama 'Gorila' berasal dari singkatan nama founder platform komik olahraga pertama di Indonesia ini, yakni Leo Tigor Pasaoran, Johari Zein, dan Sheila Rooswitha.
komikus Sheila Rooswitha
Sheila Rooswitha sedang menjelaskan tentang Gorila Sport/ dokumentasi Yos Mo
Sosok Sheila Rooswitha sendiri sudah tak asing lagi bagi penyuka komik. Namanya sudah tenar sebagai artis komik dengan berbagai prestasi keren. Pak Johari Zein juga sosok ternama dalam bidang entrepreneur. Beliau sosok hebat yang pernah membesarkan brand pengiriman barang JNE.
Johari Zein komisaris JNE
Bapak Johari Zein (duduk) salah satu penggagas Gorila Sport/ dokumentasi Yos Mo
Setelah beberapa lama mengikuti diskusi interaktif, aku baru tahu kalau pak Nunk juga ternyata ada di sana. Ternyata dia siap aktif berkarya lagi membuat tokoh baru komik strip bernama 'Igor' dalam kanal yang sedang dipersiapkan oleh Gorila Sport.

Pak Nunk yang puluhan tahun membuat komik di media cetak, mengikuti perkembangan zaman dengan cara merantau bikin komik strip di Gorila Sport.
komik Gorila Sport
tokoh 'keluarga Igor' yang siap membuat tertawa pembaca Gorila Sport/ dok. Yos Mo
Di sana ada juga dua nama besar kartunis Indonesia, Muhammad Misrad pencipta tokoh unik MICE, dan Djoko Susilo yang pernah memenangkan lomba Manga tingkat internasional di Jepang. Mereka ikut berpartisipasi mengisi konten-konten komik di Gorila Sport.
komik MICE
Deretan artis komik beken di Indonesia, Muhammad 'MICE' Misrad, Djoko Susilo, Sheila Rooswitha/ dok.Yos Mo
Pihak Gorila Sport yang sebelumnya lebih aktif membuat konten di Instagram, sekarang sudah siap membuat banyak konten ilustrasi menarik lewat website gorilasport.com.
komik strip Gorila Sport
Perkembangan konten Gorila Sport/ dokumentasi Yos Mo
Saat ini gorilasport.com sudah memuat rubrik 'Suara Gorila' yang memuat berbagai topik olahraga yang sedang hangat dibicarakan. Ada juga rubrik "Jebool", "Tahu Kan Kamu", "Starter Pack", "Tokoh".

Rubrik yang menarik perhatianku adalah "Nyinyir" yang isinya menyindir berbagai pihak. Konten terbaru "Nyinyir' di Gorila Sport sangat menggelitik, judulnya "Timnas ke Australia, Latihan atau Liburan?" menyindir training camp yang akan dijalani oleh timnas Australia dalam besutan pelatih Simon McMenemy.

Saat ini gorilasport.com sudah memuat rubrik 'Suara Gorila' yang memuat berbagai topik olahraga yang sedang hangat dibicarakan. Ada juga rubrik "Jebool", "Tahu Kan Kamu", "Starter Pack", "Tokoh".

Rubrik yang menarik perhatianku adalah "Nyinyir" yang isinya menyindir berbagai pihak. Konten terbaru "Nyinyir' di Gorila Sport sangat menggelitik, judulnya "Timnas ke Australia, Latihan atau Liburan?" menyindir training camp yang akan dijalani oleh timnas Australia dalam besutan pelatih Simon McMenemy.

Gorilasport.com juga segera merilis konten kanal 'Cerkomber', 'Desa Gelong', dan 'Komik Strip'. Pak Nunk bakal berkontribusi di kanal ini.
Gorila Sport
Gori Liga Desa siap hadir dalam 'Cerkomber'/ dokumentasi Yos Mo
Bukan hanya redaksi Gorila Sport saja yang mengisi konten di website. Penyuka bikin komik juga dapat mengirimkan hasil karyanya ke Gorila Sport yang akan ditayangkan dalam rubrik 'Gambar Kuy!'.

Saya menilai inilah portal olahraga dengan konsep mutakhir yang mengikuti perkembangan zaman pada era teknologi, setelah mengetahui secara mendalam apa saja yang terdapat dalam website gorilasport.com.
ilustrasi Gorila Sport
Berbagai ilustrasi komik keren karya redaksi Gorila Sport/ dok. Yos Mo

Gorila Sport membuat berbagai momen olahraga jadi lebih menghibur buat  penggemar olahraga seperti saya, lewat berbagai konten komik yang menarik.
Nunk kreator si Gundul
Foto kenang-kenangan dengan ilustrator legendaris pak Nunk bapaknya si Gundul/ dok. Yos Mo- fotografer Satto Raji

No comments