Breaking News

Bersatu dalam Musik di Java Soul Nation 2012


Musik merupakan bahasa universal yang bisa menyatukan perbedaan, memberikan semangat, juga menjadi media penyebar pesan positif. Keindahan musik yang bisa  menyatukan perbedaan, memberi semangat, dan penyebar pesan positif  inilah yang gue rasakan saat menyaksikan Java Soul Nation Festival di Istora Senayan pada Minggu malam lalu. Sewaktu menuju lokasi Java Soul Nation, kondisi badan gue sedang lelah dan juga pikiran gue sedang sedih, karena minggu siang gue baru aja sampai di Jakarta dari Sumatera, sehabis menjenguk kakak yang sedang dirawat di rumah sakit. Sebelumnya gue sudah janjian bakal ketemu dengan mbak Fitri, Zizy,bro Aditoo di venue Java Soul Nation. Di pintu masuk venue gue bertemu dengan mas Gie Wahyudi.
Pukul 15.45 aku masuk ke venue Java Soul Nation. Ada 4 stage outdoor di venue Java Soul Nation yaitu Indosat Stage, Tebs Stage, Wonderful Indonesia Stage, Media Stage. Sedangkan 1 stage indoor ada di dalam Istora Senayan yang jadi tempat special show beberapa penampil utama, seperti Scissor Sister, James Morison, Robin Thicke. Festival dimulai dengan perform band Nubica di Media Stage,sekilas mendengarkan dua lagu yang Nubica nyanyikan, gue pun beranjak berkeliling melihat-lihat booth-booth keren  di sekitar stage. Puas berkeliling melihat-lihat booth selama 15 menit, gue pun beranjak ke Indosat Stage dimana Ecoutez sudah mulai perform. Terakhir kali gue menonton Ecoutez vokalisnya masih Delia. Kini Ecoutez sudah berganti vokalis, Andrea Lee. Penonton yang menyemut di sekitar panggung riuh bernyanyi saat Ecoutez menampilkan beberapa hitsnya seperti 'Percayalah','Maafkan(Tak Sempurna). Vokal Andrea Lee saat itu sangat bagus  dan stabil, dia juga cukup komunikatif dengan penonton.
Seusai penampilan Ecoutez, di area Tebs Stage yang posisinya berdekatan dengan Indosat Stage mulai tampil Endrumarch yang mengusung musik R&B. Penampilan Endrumarch sangat memukau sore itu, ditambah lagi kolaborasinya dengan beberapa penyanyi Hip Hop dan R&B lainnya cukup ciamik. Salah satu momen istimewa penampilan Endrumarch yaitu saat berkolaborasi dengan Igor Saykoji dan Pandji Pragiwaksono. Kolaborasi ketiga penyanyi ini sangat istimewa karena mereka juga mengajak anak-anak mereka tampil di panggung menyanyikan lagu '2nd Born'

Sore pun berganti malam seusai penampilan Endrumarch dkk yang energik. Perlahan penonton mulai membludak di sekitar area Indosat Stage menantikan penampilan penyanyi jazz wanita yang kini sedang hits, Raisa.Penampilan Raisa sangat istimewa malam itu. Setelah menyanyikan beberapa cover lagu seperti 'Genie in Bottle(Christina Aguilera)','Dynamo(Jason Mraz),Raisa menyanyikan lagu pertamanya 'Serba Salah' yang mencuatkan namanya dalam blantika musik jazz Indonesia. 
Di tengah pertunjukkannya, Raisa berinteraksi dengan penonton menyampaikan bahwa dia prihatin dengan stigma negatif terhadap anak muda Indonesia masa kini yang seolah-olah berandalan suka tawuran, senang dengan kehidupan hedonisme, dan berbagai perilaku negatif lainnya. Karena itu Raisa mengajak generasi muda Indonesia masa kini untuk kembali semangat bersatu melakukan berbagai kegiatan positif. Sebagai simbolisasi pesan bahwa generasi muda Indonesia harus kembali bersatu, Raisa bekerja sama dengan Indosat  mengajak insan onliner bersama-sama menyanyikan lagu 'Bagimu Negeri' dalam format video digital di alamat www.soulofnation.org . Ajakan positif Raisa ini direspon positif oleh insan onliner Indonesia, karena  berhasil mengajak 2000 lebih orang menyanyikan 'Padamu Negeri' dan mereka mengirimkan video rekamannya secara digital. Usaha Raisa tersebut kemudian diganjar rekor MURI untuk Paduan Suara dengan Rekaman Digital Terbanyak.
Setelah puas menonton perform Raisa, gue pun kembali berkeliling dengan teman-teman melihat-lihat kembali beberapa booth yang mengadakan beberapa game menarik. Sekilas gue melihat penampilan Matthew Sayerz  yang ramai ditonton di Wonderful Indonesia Stage dari kejauhan.Berhubung gue nggak punya tiket terusan untuk menyaksikan special show James Morison di dalam Istora Senayan, gue menyaksikan show James Morison dari layar besar plasma yang tersedia di sekitar venue Java Soul Nation. Show James Morison cukup memukau,walaupun menurut pendapat pribadi gue konsep tata panggung show James Morison terlalu sederhana untuk artis sekaliber dia.



Pukul 21.00,di Indosat Stage tampil band Theme Park yang namanya baru kali ini gue dengar. Ternyata penampilan Theme Park inilah yang paling ciamik dari semua penyanyi yang gue saksikan hari itu di Java Soul Nation. Musik band Theme Park mengingatkan gue akan band legendaris The Police, dengan warna Brit Musik yang kental. Salah satu lagu Theme Park yang paling memikat hati gue yakni "Wax'. Perasaan sedih gue sebelum menonton Java Soul Nation berubah menjadi happy setelah menyaksikan aksi dahsyat Theme Park. Tanpa malu-malu badan dan kepala gue ikut bergoyang mendengarkan musik keren Theme Park.


Theme Park Band (pics by @litsahaznam)
Malam pun semakin larut seusai perform Theme Park. Berhubung kondisi badan gue sudah sangat lelah, gue pun memutuskan untuk pulang dari venue Java Soul Nation, walaupun masih ada beberapa musisi lagi yang belum tampil.

N.B: Thanks buat Indosat yang telah mengundang gue nonton Java Soul Nation 2012.

BACA JUGA ARTIKEL MUSIK NGETOP LAINNYA:


14 comments:

  1. ah, kaka. laporannya keren.

    eh, iya, kita mencar ya pas di venue. aku ga sempet nonton semua. padahal pengen. cuma ya, sudah senenggggggg banget menyaksikan penampilan Raisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha Raisa emang jadi magnet Java Soul Nation..sayang banget gue telat beberapa menit buat interview dia langsung :D

      Delete
  2. gegara datang telat, saya cuma menikmati 3 lagu terakhir Raisa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apalah yang penting bisa nikmatin lagu 'Cemburu' versi Raisa :D

      Delete
  3. petualangan yang menyenangkan mas bro mantabs salam kenal yah

    ReplyDelete
  4. Raisa Raisa ... Ra iso nonton :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk..entar Raisa gue suruh konser di komplek rumah Bang Aswi di Bandung

      Delete
  5. aku kelewatan Theme Paaaark -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu kurang beruntung..keciann dehh kakak :D

      Delete
  6. mencar kemana kemarin?
    kok bisa dapet fotonya keren sihh >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sehabis kita ngumpul nonton Ecoutez,gue pindah ke stage shownya Endru March..

      Delete